About Me

header ads

Cara Mengatasi Lag pada PC

loading...
Image result for lag

Hai sobat G&T, pernah ga sih kalian merasa kesal saat bermain game ataupun melakukan aktifitas lain di PC dikarenakan lag yang terjadi??
Jika iya, maka mimin bakal kasih solusi untuk mengatasi lagging tersebut, cekidot..

1. Cek Spesifikasi 

Image result for system requirements

Perkembangan software yang semakin banyak. Nah, perkembangan itu pula disertai dengan kebutuhan PC yang mumpuni juga, semakin bagus sebuah software, semakin besar pula permintaan spesifikasinya. Jadi ada baiknya sesuaikan spek PC kalian dengan software yang ingin dijalankan, ya. Untuk cek spesifikasi PC kalian bisa dilakukan lewat software, maupun secara langsung.

2. Scan Virus

Image result for virus komputer

Terkadang virus adalah salah satu penyebab utama terjadinya lag. Ini disebabkan karna virus tersebut berjalan di proses latar belakang, sehingga terjadinya peningkatan pemakaian memory usage  yang tinggi, virus juga dapat menyebabkan banyak hal lain, misalnya ; menghapus data, melakukan lock file sehingga file tidak dapat diakses, dll. Cara menanganinya adalah dengan melakukan scan menggunakan antivirus yang tersedia, seperti Avast, AVG, atapun Windows Defender.

3. Update Software-mu

Image result for update software

Software yang ada saat ini biasanya akan selalu diberikan update oleh developer untuk meningkatkan optimisasi pada software tersebut. Jika lag terjadi, coba lakukan update pada software, karena biasanya update tersebut dapat menyempurnakan software sehingga menjadi optimal.

4. Update Driver

Image result for amd driver update

Sama seperti pada update software, update driver dibutuhkan karna driver hardware terbaru dapat membantu optimisasi pada saat menjalankan software. Hardware yang biasanya mendapat update berkala adalah GPU (Graphic Processing Unit), tapi bukan berarti hardware lain tidak ada update. Untuk update bisa di cek melalui website yang bersangkutan dengan hardware kalian, seperti AMD, NVIDIA, ataupun Intel.

5. Cek Koneksi Internet

Image result for game high ping

Jika kalian bermain game online dan merasakan lag padahal spek sudah mumpuni, ada baiknya melakukan pengecekan pada kestabilan koneksi internet. Untuk game online, PING atau Network Latency yang aman adalah kisaran 30-120, kenapa? Karna jika melebihi itu lag akan terjadi.
Untuk melakukan tes speed download dan upload bisa dilakukan di beberapa website yang tersedia, salah satu contohnya adalah ; Speedtest.net

Ya, sekian penjelasan tentang cara mengatasi lag pada PC. Semoga dapat membantu mengatasi masalah sobat G&T, ciao.

Posting Komentar

0 Komentar