About Me

header ads

Cara Menambah Virtual Memory pada Windows 10

loading...


Memory pada alat elektronik biasanya digunakan sebagai penyimpanan sementara. Pada komputer, kita lebih mengenal kata memory sebagai RAM (Random Access Memory). Lebih spesifik, RAM berfungsi melakukan penyimpanan data sementara, untuk kemudian di proses oleh processor. Dengan kata lain, jika kita membuka banyak aplikasi dalam satu waktu, maka akan besar juga pemakaian RAM pada komputer kita. Sehingga, bagi yang memiliki sedikit RAM pada komputernya akan mengalami lag (hal ini juga bergantung pada aplikasi yang dibuka oleh komputer tersebut). Baca juga :

Jadi jika komputer kita memiliki RAM yang sedikit (sebut saja 2 GB), maka tidak ada cara lain untuk mengatasi lag yang terjadi? Tentu tidak, pada sistem operasi terdapat sebuah fitur yang dinamakan Virtual Memory. Lalu, apakah fungsi Virtual Memory tersebut? Virtual Memory adalah penyimpanan kedua RAM yang diambil dari hard drive yang berfungsi membantu mengatasi muatan berlebih pada RAM. Sistem kerjanya adalah, saat komputer menerima input, RAM akan bekerja, jika input yang diberikan berlebih pada komputer maka Virtual Memory akan membantu menangani input tersebut, lalu saat data yang ada di Virtual Memory akan diproses maka data tersebut akan di teruskan ke RAM, dan dari RAM diteruskan lagi ke Processor. Jadi pada intinya Virtual Memory tidak serta merta menambah RAM, melainkan hanya mengatasi kelebihan muatan pada RAM sehingga tidak terjadi lag yang berlebih.

Kembali ke topik bahwa Virtual Memory didapat dari Hard Drive yang kita punya, maka kita perlu “mengambil” sedikit tempat pada Hard Drive tersebut. Berikut langkah-langkah mengubah Virtual Memory pada Windows 10 :

1. Buka This PC, lalu klik kanan dan pilih Properties


2. Pada bagian kiri klik Advanced system settings


3. Lalu pilih tab Setting pada bagian tab Advanced


4. Lalu klik tab Advanced lagi


5. Pada bagian Virtual Memory klik Change


6. Pilih partisi C:


7. Centang pada bagian Custom Size. Pada bagian Initial Size sesuaikan jumlahnya dengan Installed Memory (RAM) pada PC kamu, perhatikan yang saya beri kotak oranye. (catatan = 1,00 GB RAM itu sama dengan 1024 MB)


8. Cara mengisi Maximum Size dengan cara Initial Size dikali 2 (Lihat contoh). Klik Set dan OK, lalu klik Apply.

9. Terakhir Restart komputer kalian agar Windows dapat mengaplikasikan Virtual Memory yang telah kalian atur.

Demikian langkah-langkah “Cara Menambah Virtual Memory pada Windows 10”. Semoga tutorial ini dapat membantu.